Cara Membuat Detektor Listrik Aktif


Rangkaian Detektor Listrik Aktif. Hai sobat BE, listrik sangat vital bagi kehidupan manusia. Aliran listrik sangat berperan penting dalam setiap sisi aktivitas manusia. Tanpa aliran listrik, mungkin alam semesta akan gelap gulita dan hampa. Sobat BE pasti tak betah hidup di bumi dan ingin hijrah ke planet lain he he he  Seperti halnya pisau, aliran listrik juga mengandung bahaya yang tersembunyi yang setiap saat bisa mengancam kalau kita tidak hati-hati. Acapkali kita sering mendengar ada orang yang mati kesetrum. Nah itu berarti kita tidak hati-hati dalam mempergunakan aliran listrik.

Sobat BE, untuk mencegah terjadinya kecelakaan fatal akibat sengatan arus atau aliran listrik, kita dituntut untuk menciptakan atau membuat alat bantu. Kita harus memutar otak supaya sedikit mungkin kecelakaan seperti itu bisa dihindari. Oya, kali ini kami akan menyajikan alat yang dimaksud, namanya Rangkaian Detektor Listrik Aktif. Silakan pelajari lewat gambar skema di bawah ini.
Tertarik ingin membuatnya? Gampang kok. Berikut ini daftar komponen yang harus Anda persiapkan :
R1 = 47K
R2 = 100 Ohm
C1 = 1uF 25V
C2 = 10uF 25V
D1 – D3 = Diode
IC1 = CD 4093
LED
BAT = 6 Volt
Rangkaian Detektor Listrik Aktif ini akan mendeteksi listrik aktif pada jangkauan 15 cm. Induk kabel tidak boleh disentuh. IC CD 4017, 4020, 4040  mereka semua memiliki masukan yang sangat sensitif.