Tips Belajar Bahasa Pemrograman

Di indonesia perkembangan developer atau pengembang aplikasi sudah mulai bermunculan dengan pesat, begitupun dengan bahasa pemrograman baru yang semakin beragam. dan juga di sekolah - sekolah kejuruan sudah mulai diajarkan tentang bahasa pemograman. namun ada sedikit masalah yang dialami developer - developer yang baru muncul ini.

1. Referensi
2. Update Bahasa
3. Tidak Fokus

ada apa dengan referensi ?

referensi untuk belajar bahasa pemrograman terbilang sangat sulit didapatkan di indonesia, terutama developer yang belajar secara otodidak, kalo pelajar tentu saja masih ada guru pembimbing yang akan selalu memberi materi dan referensi. bagaimana jika belajar sendiri dirumah ?
caranya adalah cari referensi video di youtube, tentunya video tersebut berbahasa inggris, namun akan lebih mudah mempelajarinya karena berbentuk video tutorial.

nah kalo developer otodidaknya punya kemampuan bahasa inggris yang baik, cobalah cari buku gratis disini http://it-ebooks.info/

Update Bahasa

nah jika persoalan tentang update bahasa adalah tentang bahasa yang dipelajari, banyak kasus disekolah - sekolah kejuruan masih mempelajari bahasa pemograman yang sudah cukup usang atau jadul, dan harus migrasi untuk mengikuti perkembangan teknologi saat ini. contohnya vb6 harusnya sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke vb.net

Tidak Fokus

tidak fokus ? ya tidak fokus ! kasus ini banyak terjadi dikalangan pelajar kejuruan, karena tuntutan kurikulum yang harus tuntas dan itu membuat belajar bahasa pemograman tidak optimal. namanya juga bahasa, harus dipelajari terus menerus dan berulang - ulang. jadi jangan pindah ke bahasa pemograman lain sebelum bahasa pemograman sebelumnya betul - betul paham di sudah di luar kepala.

mungkin sebatas ini tips dari saya dan semoga bermanfaat ;)