Sistem Pendidikan Indonesia Bagus KOK !


Asalamualaikum wr wb para pembaca Smile
kali ini gue mau meneriakkan pendapat gue tentang pendidikan di indonesia. Memang sih banyak yang mengatakan bahwa pendidikan di indonesia ini sangat buruk, seperti sistem, cara pengujian, cara pengajaran dan lain – lain. gue sependapat sama mereka yang mengatakan pendidikan indonesia ini sangat buruk, bahkan gue malah mau bilang sangat sangat buruk !. namun dibalik semua keburukan pasti ada kebaikan kan Open-mouthed smile jadi di tulisan ini gue mau bahas tentang kebaikan itu Open-mouthed smile Be right back

1. Mata Pelajaran

          Mungkin kita semua udah tau tentang keragaman mata pelajaran di sekolah – sekolah indonesia Open-mouthed smile. ini adalah salah satu topik yang dibicarakan tentang buruknya pendidikan di indonesia. Namu jika kita pikirkan lebih dalam lagi, justru mata pelajaran yang sebanyak ini yang sangat bagus untuk pelajar – pelajar indonesia ! kenapa ?

    • 1. Sembohyan kita “Bineka Tunggal Ika” berbeda – beda namun tetap satu jua.
    • 2. Seberapa besar manfaat dan kemajuan negeri ini jika semua siswa bisa menguasai mata pelajaran yang sangat beragam ini Open-mouthed smile
    • 3. Mata pelajaran yang kita pelajari adalah mata pelajaran paling komplek di dunia Open-mouthed smile

Tapi kenapa kita tidak dapat mencapai semua itu ???


           Masalahnya adalah, siswa atau pelajar yang sedang mempelajari mapel tadi tidak tahu untuk apa mempelajari mapel tersebut, gunanya untuk apa, manfaatnya untuk apa. kebanyakan dari mereka tidak tahu. mereka hanya belajar dengan giat karena ingin mendapatkan nilai bagus.

Lalu bagaimana solusinya gok ?


          Solusinya adalah, sebelum memulai belajar tentang mapel tadi, harusnya siswa di kenalkan dulu sama pelajaran yang mereka pelajari. buat mereka mencintai pelajaran yang mereka pelajari. dengan begitu, tidak akan ada lagi siswa yang bermalas – malasan atau hanya belajar untuk nilai.


Contohnya seperti saya, saya mencintai bahasa pemograman komputer, saya tau untuk apa mempelajari bahasa pemograman, saya punya tujuan. DAN BENAR ! saya mempelajari bahasa pemograman komputer secara rutin dan giat, walaupun saya tidak harus belajar itu disekolah.

Semuanya pasti akan terasa mudah jika dilandasi dengan CINTA Open-mouthed smile


2. Ujian Kelulusan


          UNAS sering disalahkan, UNAS tidak pernah dibenarkan. tapi memang benar ! diadakan UNAS itu SALAH ! itu terlalu RUMIT ! tapi sebenarnya kita juga bisa membenarkan UNAS, memanfaatkan UNAS.

Loh ?? Katanya Salah gok ?


IYA SALAH ! Salah karena UNAS rasanya tidak manusiawi banget ! ada yang lulus dengan sempurna, ada yang lulus dengan nilai sederhana, dan yang disayangkan ada yang tidak lulus dan kehilangan masa depan ( KASARNYA )

Lalu solusinya bagaimana ?


          Berikan keadilan dengan seadil – adilnya ! berikan HAK yang sama kepada mereka yang tidak lulus ! karena mereka sebenarnya tidak bodoh ! mereka hanya lamban. toh mereka juga belajar kepada guru yang sama, dalam kelas yang sama, sistem pendidikan yang sama, dan lain – lain. hasilnya saja yang tidak sama ! lebih tepatnya masih belum waktunya !


Pernahkah kamu melihat beberapa mangga dalam satu gundungan ? apakah mereka selalu matang dengan waktu yang sama ? TIDAK ! mereka tidak selalu matang dalam satu waktu yang sama. toh mereka sama – sama berada dalam satu gundungan, satu pohon, dan satu makanan yang sama. oke, memang sang pemilik pohon lebih memilih yang matang untuk di petik dan di makan, tapi ketika mangga yang lamban untuk matang tadi telah mencapai kematangan seperti mangga sebelumnya, dia juga akan diperlakukan dengan cara yang sama kan ? sama – sama dinikmati. karena dia sudah menjadi mangga yang manis dan lezat Smile.


So ! pemerintah harus memikirkan tentang keadilan ini Smile


Saya rasa pemerintah mampu mengatasi masalah ini jika sebelumnya telah berhasil membuat sistem pendidikan yang sangat jenius seperti ini Smile



Tulisan ini hanya pendapat Smile dan pendapat tidak harus selalu benar, namun tujuan saya menulis pendapat ini, karena saya ingin membuat yang kurang benar menjadi lebih benar Smile dan semoga tulisan ini berhasil mencapai tujuan itu Smile
wasalam Smile