Tips Belajar Bahasa Inggris

image

bahasa inggris adalah bahasa internasional, banyak negara bahkan hampir keseluruhan negara di dunia menjadikan bahasa inggris sebagai mata pelajaran yang wajib di pelajari dalam pendidikan. bahasa inggris menjadi bahasa yang selalu melekat di lingkungan manusia, di jalan – jalan, alat – alat elektronik sebagian besar menyertakan bahasa inggris baik itu dalam petunjuk maupun sisi  lainnya. jadi haruslah kita giat belajar bahasa inggris agar kita dapat mengikuti perkembangan dunia. berikut ini adalah tips agar kita dapat belajar bahasa inggris dengan mudah dan menyenangkan.

Kesulitan saat belajar bahasa inggris

pengalaman pribadi saya saat belajar bahasa inggris saya sering merasa bosan, saya berfikir bahasa inggris yang sedemikian sulit tidak akan saya pakai dan saya butuhkan, karena saya tidak pernah berfikir jauh seperti ketika saya beruntung dan mendapat beasiswa ke luar negeri saya harus bisa berkomunikasi menggunakan bahasa inggris, atau ketika saya ingin belajar bahasa pemograman komputer saya harus mempunyai basic bahasa inggris. Jadi hal pertama yang di butuhkan saat belajar bahasa inggris adalah tujuan. karena tujuan itulah yang akan membentuk niat. kita harus tau terlebih dahulu kenapa kita akan belajar bahasa inggris, jika kita belajar bahasa inggris hanya karena ingin mendapatkan nilai bagus dalam mata pelajaran bahasa inggris, maka jangan pernah berharap bahasa inggris bisa menjadi suatu yang menyenangkan.

Jadi hal pertama yang kita butuhkan adalah tujuan dan niat. karena tujuan tersebut akan membuat kita menjadi butuh kepada bahasa inggris dan niat membuat kita menyukai bahasa inggris. bukankah ketika kita membutuhkan sesuatu, kita akan selalu berusaha untuk mendapatkannya ?

Terapkan !

yang namanya bahasa pasti kegunaannya untuk komunikasi, jadi ketika kita belajar bahasa inggris kita wajib membuat bahasa itu menjadi hidup dalam kehidupan kita sehari – hari, contohnya seperti mendengarkan musik berbahasa inggris, berbicara kepada teman menggunakan bahasa inggris, atau jika memang tidak ada teman yang mengerti bahasa inggris, bicaralah kepada diri kita sendiri di depan kaca !

ibarat bayi baru lahir, mereka tidak mengerti apapun di dunia ini termasuk apa yang namanya ayah dan ibu. tapi ketika mereka mulai tumbuh, mereka akan dapat melakukan komnukasi dalam bahasa mereka masing – masing. bayi dapat berbicara bukan karena sekolah dan mendapat pelajaran rutin berbicara setiap harinya, namun bayi memulainya dengan cara mendengar dan meniru, contohnya seperti kata MAMA, YA, dan TIDAK. mereka hanya memulai berbicara dengan kata sesederhana itu dan mereka meniru perkataan orang – orang di sekeliling mereka. jadi berbicaralah bahasa inggris walaupun hanya sekedar YES dan NO.

Biasakan !

usahakanlah setiap hari kita menggunakan bahasa inggris jika kita benar – benar ingin bosa menggunakan bahasa inggris, kebanyakan siswa gagal memahami pelajaran bahasa inggris disekolah karena mereka tidak pernah membiasakan diri, mereka masih menganggap bahasa inggris adalah bahasa asing, bukan bahasa kita, dan lain – lain. jauhilah anggapan yang seperti itu, jadikanlah bahasa inggris bahasa yang sudah tidak asing lagi untuk kita, temuilah bahasa inggris setiap hari, seperti mendengarkan lagu bahasa inggris, menonton film berbahasa inggris, dan lain – lain. karena dengan demikian kita dapat terbiasa dan akrab dengan bahasa inggris. ketahuilah bahwa kemampuan juga bisa datang karena kebiasaan.

oke, mungkin hanya sesingkat ini tips yang saya berikan untuk belajar bahasa inggris, untuk kurang lebihnya saya mohon maaf. dan semoga artikel ini bisa bermanfaat.

wasalam.