Rencana Terbang Jauh

WIN_20130724_133224

Setiap orang pasti punya sebuah harapan, mimpi, rencana untuk masa depan kelak termasuk aku. Aku punya beberapa mimpi, yang kadang aku pikir sangat mustahil dan juga kadang aku pikir sangat mudah untuk mencapainya …

Kuliah di luar negeri ! itulah mimpiku ! mimpi yang selalu membuat bayangan indah tentang  kesuksesan, kecerdasan, dan banyak hal luar biasa lainnya… YA ! aku ingin terbang ke luar negeri untuk merantau dan mencari ilmu !

Memang, di negeri tercinta ini aku masih bisa belajar, dan terus menempuh pendidikan. Tapi rasanya, saat aku membayangkan keluar dari pendidikan di indonesia, angan – anganku terlalu rendah dan tidak terlalu menantang ! aku selalu merasa negeriku ini adalah negeri yang serba kekurangan, serba busuk, dan serba tanggung !

Di tempatku sendiri, aku sangat sulit untuk maju ! mencari teman sejalan bagaikan mencari satu batang peniti yang terjatuh di dalam lautan. sangat sulit ! kecuali aku ingin mencari teman untuk hal keburukan, disinilah surganya !

Ada sih teman yang bisa membuatku maju, kebanyakan dari sekolah – sekolah favorit dan mereka cenderung cuek ! seakan tidak butuh orang lain untuk hidup atau mungkin merasa menjadi kasta yang tertinggi di antara manusia yang lain. aku gak suka banget !

Di negeri yang jauh sana, aku banyak mendengar cerita yang membuat semangatku meronta – ronta, bahkan cerita dari seorang kuli bangunan yang bekerja di malaysia juga membuat bulu kudukku merinding ! “Disana kerja mudah le … gak kayak disini …” dan bla bla bla.

Ya betul ! disini serba uang ! mau sekolah butuh uang ! mau kerja butuh uang ! padahal mau cari uang ! negaraku :’(

Ini semua hanyalah sebuah harapan seorang anak kampung yang ingin merubah hidup menjadi lebih baik. aku ingin membahagiakan orang tua, berguna untuk orang lain, dan tidak terjerumus dalam kebodohan.

Harapan tidak selalu jadi kenyataan. Aku hanya bisa terus belajar dan berusaha untuk menjadi lebih baik walau kadang sulitnya bagaikan duel versus raja hutan ! faktor luar untuk mendukung sangat minim !

Tapi aku akan terus mencoba – coba dan mencoba lagi, terjatuh terjatuh terjatuh kemudian bangkit lagi. tidak ada salahnya mencoba, setidaknya kelak aku akan tau hasilnya bagaimana. Dan pada akhir cerita, semua harapan ini akan aku kembalikan kepada sang penguasa, MAHA SUCI ALLAH yang maha tau dan maha menentukan sesuatu.

Semoga ada jalan … amin.