Tips Agar Percaya Diri Saat Manggung




percaya diri, cara menimbulkan rasa percaya diri, tips manggung, PD

Asalamualikum Wr Wb. terima kasih karena telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Gue Yakin Gue Yang Terbaik !

Kepercayaan Diri adalah kunci dalam kesuksesan segala hal termasuk ketika kita manggung. tanpa sebuah kepercayaan diri, semua yang telah di persiapkan akan hancur berantakan menjadi keping – keping penyesalan !

Dalam beberapa minggu yang lalu gue manggung di sebuah acara festival musik di probolinggo. gue bersama temen – temen gue yang tergabung dalam satu band yang namanya ABCDE.

>>Be Promosi de ?
>>>Oi !!

jauh sebelum hari H, gue dan temen – temen udah persiapin segala hal ! mulai dari aransemen, sekenario, dan macem – macem. Semua udah siap ! band kita udah siap jadi juara ! kita over PD sebelum manggung.

Setelah tiba acara festival yang kita tunggu, dan nama band kita mulai di panggil. ternyataaaa …

Semuanya ancur ! Semua persiapannya ancur termakan detak jantung yang begitu cepat ! gue pribadi sebagai vocalis seketika down saat ngeliat begitu banyak orang yang melotot menonton penampilan kita !

Semuanya ancur ! penampilan kita di panggung bener – bener jauh dari rencana dan sama sekali tidak sejalan dengan latihan kita selama ini.

Penyebab utamanya hanya satu “RASA PERCAYA DIRI” ! hanya itu yang masih belum kita miliki ! jadi kesimpulannya adalah meskipun kita punya skill tapi tidak punya RASA PD = 0 (Nol).

Lain halnya ketika dua hari yang lalu gue ngisi acara di sebuah cafĂ© yang tanpa adanya persiapan apapun ! semua benar – benar tidak di rencanakan ! karena waktu itu gue dan temen – temen cuman dateng untuk santai menikmati kopi disana.

Dan seketika, gue dan temen – temen disuruh ngisi acara disana. Gue gak nolak, karena gue pikir itu adalah kesempatan emas buat dengerin musik kita ke publik.

Ternyata, lagu yang kita bawakan tanpa adanya persiapan itu dapat kita mainkan dengan bagus ! mulus ! penonton bisa menikmati ! sangat jauh jika di bandingkan dengan perform ketika di festival !

Dan kesuksesan itu terjadi karena waktu itu gue gak peduli nanti gue mainnya jelek atau ancur sekalipun ! gue teriak di dalam hati I DON’T CARE ! gue pikir penonton gak bakalan bunuh gue walaupun permainan gue ancur !

Jadi percaya diri juga berarti menghilangkan semua rasa takut ! buang jauh – jauh rasa kekhawatiran ! lawan semua tantangan ! dan keberhasilan akan datang !

Inilah pengalaman gue saat manggung di depan halayak umum. semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan terima kasih sudah bersedia mampir di blog sederhana ini.

Wasalam Winking smile